Permainan tradisional dan keaktifan belajar: korelasi pada pembelajaran pendidikan jasmani

  • Usman Hamzah-P Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Ahmad Rahmadani Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia
Keywords: Permainan tradisional, keaktifan belajar, pendidikan jasmani

Abstract

Latar Belakang: Permainan tradisional telah menjadi bagian penting dalam budaya dan sejarah setiap masyarakat, membawa nilai-nilai sosial, fisik, dan kognitif yang penting bagi perkembangan individu. Tujuan Utama: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi korelasi antara permainan tradisional dan keaktifan belajar siswa dalam konteks pendidikan jasmani. Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 5 Pekanbaru yang berjumlah 125 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner permainan tradisional dan keaktifan belajar. Teknik pengolahan data penelitian ini yaitu (i) editing, (ii) codeting, (iii) tabulating, (iv) scoring. Teknik analisis korelasi yang dipergunakan adalah korelasi product moment. Temuan/Hasil: Hasil analisis menunjukkan adanya korelasi positif antara partisipasi dalam permainan tradisional dengan tingkat keaktifan belajar siswa. Distribusi frekuensi skor angket menunjukkan bahwa siswa yang aktif dalam permainan tradisional cenderung memiliki tingkat keaktifan belajar yang lebih tinggi. Kesimpulan: Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya integrasi permainan tradisional dalam kurikulum pendidikan jasmani untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi siswa. Penelitian lanjutan diperlukan untuk memahami lebih dalam mekanisme hubungan antara permainan tradisional dan keaktifan belajar siswa serta faktor-faktor yang mempengaruhinya

Author Biographies

Usman Hamzah-P, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

Email: usmanhamzah16@student.uir.ac.id

indonesia_flags_flag_17013_(1)7.png

Ahmad Rahmadani, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

Email: rahmadani@edu.uir.ac.id

indonesia_flags_flag_17013_(1)6.png

References

Aminuddin, Ramadhan, S., Sanisah, S., Lukman, & Akbar, M. A. (2023). Integrasi Model Pembelajaran Interaksi Sosial dengan Permainan Tradisional Tapa Gala sebagai Upaya Akselerasi Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Basicedu, 7(6), 4293–4299. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6927

Ardiyanto, A., & Sukoco, P. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Keolahragaan, 2(2), 119–129. https://doi.org/10.21831/jk.v2i2.2608

Darmawan, M. A., Sariyasa, & Gunamantha, I. M. (2021). Implementasi Etnomatika Berbasis Permainan Tradisional Terhadap Berpikir Kritis Dengan Kovariabel Kemampuan Verbal Siswa Kelas Ii Sd. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 31–42. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.255

Ningsih, S. (2016). Mengembangkan Kecerdasan Interpesonal Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional (Studi Kasus di TK Al-Akhyar Purwakarta Kelompok B). Tunas Siliwangi, 2(1), 30–47.

Nissa, A. K., Agustini, F., & Kiswoyo, K. (2019). Keefektifan Permainan Tradisional Engklek terhadap Keaktifan Belajar PPKn Siswa Kelas III SD Negeri 1 Karangmulyo Kendal. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 6(1), 45–55. https://doi.org/10.36835/modeling.v6i1.350

Opstoel, K., Chapelle, L., Prins, F. J., De Meester, A., Haerens, L., van Tartwijk, J., & De Martelaer, K. (2020). Personal and social development in physical education and sports: A review study. European Physical Education Review, 26(4), 797–813. https://doi.org/10.1177/1356336X19882054

Rahmawati, E. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Universitas Sebelas Maret Surakerta. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 195. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17908

Riyanto, P. (2020). Kontribusi aktifitas fisik, kebugaran jasmani terhadap hasil belajar pendidikan jasmani. Journal of Physical and Outdoor Education, 2(1), 117–126. https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i1.31

Samiri, S., Murniviyanti, L., & Rizhardi, R. (2022). Pemahaman Nilai-Nilai Pendidikan Jasmani Dalam Interaksi Sosial Siswa SMP PGRI 1 Palembang. Jolma, 2(1), 28. https://doi.org/10.31851/jolma.v2i1.7313

Sewi, R. M., & Mailasari, D. U. (2020). Pengembangan Keterampilan Kolaborasi pada Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 220. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8796

Zen, N. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Strategi Active Knowledge Sharing Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8(2), 60–78. https://doi.org/10.24235/ibtikar.v8i2.5510

Published
2024-06-29
How to Cite
Hamzah-P, U., & Rahmadani, A. (2024). Permainan tradisional dan keaktifan belajar: korelasi pada pembelajaran pendidikan jasmani. Asian Journal of Sport Research and Review, 1(1), 29-33. Retrieved from https://journal.riaumedia.id/index.php/SET/article/view/20