Motivasi siswa pada pembelajaran pendidikan jasmani dalam menggunakan e-learning: studi di masa endemi COVID-19
Abstract
Latar Belakang: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi motivasi siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani secara online di masa endemi COVID-19. Tujuan Utama: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi motivasi siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani online di masa endemi COVID-19. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan menggunakan angket yang telah divalidasi kepada 79 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan jawaban yang telah disediakan, sehingga sampel hanya memiliki jawaban tersebut. Skala Likert digunakan untuk mengukur variabel, dan analisis data dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Persentase digunakan sebagai metode pengukuran dan pengumpulan hasil, dengan nilai jawaban bersekala diubah menjadi skor untuk dipresentasikan sebagai titik perhitungan persentase responden. Temuan/Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa dalam pembelajaran jasmani online tergolong kuat, yang didorong oleh beragam faktor, termasuk variasi metode pengajaran oleh guru, pemanfaatan media pembelajaran yang maksimal, serta dukungan dari orang tua dan lingkungan belajar siswa. Kesimpulan: Kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya faktor-faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran jasmani online di masa endemi COVID-19, dengan harapan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif di masa depan.
References
Amalia, A., Lessy, Z., & Rohman, M. (2023). A Social Collaboration Model Between Guidance and Counseling Teacher and Parent to Guide Students During Distance Learning. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 785–794. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.2061
Andriana, E., Rokmanah, S., & Nurhazizah. (2023). Pengaruh Reward Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Kelas 1 SDN Cinanggung. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(5), 2456–2472. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2204
Cendra, R., Gazali, N., & Solihin. (2020). E-Learning Dalam Persepsi Mahasiswa Pendidikan Jasmani. Journal Sport Area, 5(1), 97–105. https://doi.org/10.25299/sportarea.2020.vol5(1).4721
Davidovitch, N., & Dorot, R. (2023). The Effect of Motivation for Learning Among High School Students and Undergraduate Students—A Comparative Study. International Education Studies, 16(2), 117. https://doi.org/10.5539/ies.v16n2p117
Ekart, Ž. G., & Perše, T. V. (2023). Active Involvement in Home-School Collaboration and its Impact on Student Motivation – the Slovenian Experience. TEM Journal, 12(1), 377–388. https://doi.org/10.18421/TEM121-47
Ghunaifi, A. (2017). Merestorasi Interaksi Sosial Pada Era Teknologi Melalui Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Prosiding Seminar Nasional Profesionalisme Tenaga Profesi PJOK, 531–540.
Gumantan, A., Nugroho, R. A., & Yuliandra, R. (2021). Learning During the Covid-19 Pandemic: Analysis of E-Learning on Sports Education Students. Journal Sport Area, 6(1), 66–75. https://doi.org/10.25299/sportarea.2021.vol6(1).5397
Gusdernawati, A., Mahatmasari, P. Y., Suherman, W. S., Nasrulloh, A., Lituhayu, K., & Umam, A. K. (2021). E-learning di era pandemi covid-19: Bagaimana aksiologi hasil belajar pendidikan jasmani? Journal of Sport Education (JOPE), 3(2), 63. https://doi.org/10.31258/jope.3.2.63-74
Hamidah, N. (2022). Factors Affecting Students’ Motivation in Online Class. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 14(2), 355–368. https://doi.org/10.21274/ls.2022.14.2.355-368
Juliyandi. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Siswa SMP Negeri 1 Lhoksukon Aceh Utara Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah Universitas Syiah Kuala, 1(2), 102–113.
Kumalasari, D., & Akmal, S. Z. (2020). Resiliensi akademik dan kepuasan belajar daring di masa pandemi COVID-19: Peran mediasi kesiapan belajar daring. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 9(2), 353–368. https://doi.org/10.30996/persona.v9i2.4139
Melyza, A., & Aguss, R. M. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Proses Penerapan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.950
Moustakas, L., & Robrade, D. (2022). The Challenges and Realities of E-Learning during COVID-19: The Case of University Sport and Physical Education. Challenges, 13(1), 9. https://doi.org/10.3390/challe13010009
Nuraini, S. D., Murtiningsih, M., & Inayah, I. (2023). Hubungan Dukungan Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Pertama. Mando Care Jurnal, 2(1), 17–22. https://doi.org/10.55110/mcj.v2i1.86
Nurul Raodatun Hasanah, I Putu Panca Adi, & I Gede Suwiwa. (2021). Survey Pelaksaan Pembelajaran Pjok Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 189–196. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1295
Qu, X. (2022). Improving Students’ Learning Motivation and Attitude in Physical Education by Using Algorithm Thinking Innovation Teaching Method. International Transactions on Electrical Energy Systems, 2022, 1–10. https://doi.org/10.1155/2022/6976649
Samiri, S., Murniviyanti, L., & Rizhardi, R. (2022). Pemahaman Nilai-Nilai Pendidikan Jasmani dalam Interaksi Sosial Siswa SMP PGRI 1 Palembang. Jolma, 2(1), 28. https://doi.org/10.31851/jolma.v2i1.7313
Santosa, J. A. (2021). Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 75. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.31241
Subrata, I. P. N. N. (2023). Dukungan Orangtua dan Lingkungan Sosial Terhadap Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(1), 7–15.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Yu, J., & Jee, Y. (2021). Analysis of online classes in physical education during the covid-19 pandemic. Education Sciences, 11(1), 1–14. https://doi.org/10.3390/EDUCSCI11010003